6.06.2008

uang yang mengancam nyawa

No Country For Old Men
Sutradara: Ethan Coen & Joel Coen
Pemain: Tommy Lee Jones, Javier Bardem, Josh Brolin
Produksi: Paramount Vantage, 2007

No Country for Old Men memang wajib tonton. Walaupun film yang mendapat banyak pujian ini mengandung sedikit adegan kekerasan, tapi pasti ada alasan kuat kenapa berbagai ajang bergengsi tetap bertekad bulat untuk membanjiri film ini dengan penghargaan!

Gara-gara Uang
Di pinggiran kota Texas, Llewelyn Moss (Josh Brolin) menemukan uang haram hasil transaksi narkoba. Si empunya uang itu sudah meninggal karena terlibat pertikaian di saat transaksi yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Bukannya menyerahkan uang itu ke polisi, Llewelyn Moss malah membawa kabur uang senilai dua juta dollar itu. Kontan saja para mafia narkoba nggak rela uangnya dicuri begitu saja. Mereka pun mengutus Anton Chigurh (Javier Bardem), seorang pembunuh bayaran yang psikopat. Maka aksi saling kejar dan kucing-kucingan di antara mereka pun mencuat. Di sisi lain, Sherrif Ed Tom Bell (Tommy Lee Jones) yang menginvestigasi kasus tersebut tidak sadar bahwa bahaya kejahatan menyimpang sedang ia hadapi.

Setia dengan Bukunya
Film ini diangkat dari novel yang berjudul sama karangan Cormac McCarthy. Novel-novel McCarthy yang dikenal dengan penulisannya yang congkak membuat ke-10 novelnya rajin mendapat pujian. Makanya sutradara film ini, yaitu kakak-beradik Ethan dan Joel Coen, memutuskan untuk betul-betul mengikuti alur cerita seperti yang ada di buku. Dan itu bukan hal yang gampang, karena memvisualisasikan sebuah cerita di buku nggak semudah yang kita kira. Buku Harry Potter And The Prisoners Of Azkaban bisa dijadikan contoh nyata akan ketidakberhasilan sutradara dalam memvisualisasikan sebuah buku. Nah, di film ini kakak-beradik Coen berhasil menularkan perasaan betapa menyedihkannya perasaan manusia di hadapan ketidakadilan yang penuh kebencian, persis seperti yang diceritakan di novelnya.

Ketemu Saingan Sejak Awal
Kehebatan film ini bisa kita lihat dari terpilihnya ia sebagai film premiere di festival Cannes tahun 2007 lalu. Dan hanya selang 12 hari dari peluncurannya, film ini sudah meraup keuntungan sebesar 7,776,773 US$! Makanya, nggak heran kalau film ini langsung masuk delapan nominasi Academy Awards dan berhasil membawa pulang empat piala Oscar, antara lain untuk kagetori Best Picture, Best Director, Best Cinematography dan Best Performance by An Actor in A Supporting Role. Khusus untuk penghargaan yang terakhir yang ditujukan kepada Javier Bardem, ia merupakan aktor Spanyol pertama yang memenangkan Oscar selama 80 tahun Academy Awards berlangsung.
Psst, berhubungan dengan piala Oscar, ada cerita lucu yang terjadi ketika lagi syuting film ini di Marfa, Texas. Suatu hari, syuting yang berlangsung harus dihentikan karena ada asap hitam yang membumbung dari lokasi syuting film lain yang ternyata mengambil tempat bersebelahan dengan tempat mereka berada. Ternyata, syuting film yang menggunakan asap itu adalah film There Will Be Blood! Yup, ini adalah film yang satu setengah tahun kemudian jadi saingan utama mereka di Academy Awards 2007. Ya ampun, ternyata dari awal syuting pun mereka sudah melancarkan aksi persaingan, ya!

No comments:

Post a Comment