remaja belajar filsafat? WHY NOT (#30DWC hari ke-3)


Dewasa ini, banyak remaja bahkan disekitaran kita yang masih asing dengan kata filsafat, sebagian beranggapan bahwa filsafat itu bahasan yang rumit dan terlalu tinggi untuk dibicarakan. padahal sebenarnya filsafat itu adalah ilmu yang paling mendasar, makanya perlu banget untuk dipelajari. jadi Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat tidak didalami dengan melakukan eksperimen-eksperimen dan percobaan-percobaan, tetapi dengan mengutarakan masalah secara persis, mencari solusi untuk itu, memberikan argumentasi dan alasan yang tepat untuk solusi tertentu. Akhir dari proses-proses itu dimasukkan ke dalam sebuah proses dialektika

 Di beberapa negara, salah satunya Indonesia, filsafat menjadi sebuah bidang ilmu yang lazimnya baru mulai dipelajari di kalangan mahasiswa. Namun, di beberapa negara lain, seperti misalnya Perancis, Italia, dan Jerman, ternyata filsafat masuk ke subjek mata pelajaran sekolah menengah, loh! Dan terbukti, siswa-siswi sekolah menengah di negara-negara tersebut memiliki kemampuan berpikir kritis yang oke banget.

Jadi, mulai sekarang, buang jauh-jauh pikiran yang mengutuk filsafat itu ilmu langit yang terlalu tinggi untuk dibicarakan, karena sebenanya belajar filsafat itu banyak manfaatnya, diantaranya kita bisa jadi problem solve yang keren, modal untuk bisa bergaul dengan semua kalangan, gak gampang percaya dan terjebak dengan isu isu yang cepat sekali beredar disekitar kita, Filsafat juga membantu kita mengambil arah hidup saat dewasa nanti, Hal terpenting yang digali dalam filsafat adalah pertanyaan, “Bagaimana seharusnya kita hidup?” dan mempelajari  filsafat juga akan membantu lo mencari jawabannya. 

dan  Filsafat menempatkan guru tidak sebagai dewa yang serba tahu namun menempatkan guru sebagai sumber pertanyaan sekaligus mengarahkannya pada tujuan "baik" yang ingin dicapai

so, masih takut untuk belajar filsafat?




Comments

  1. .like this, karena ....remaja skr cuman bisa terima beres aja, jd perlu di cekokin ttg filsafat

    ReplyDelete
  2. Postingan elu kali ini bikin gue haus, haus kepengen lebih banyak lagi penjelasan kenapa harus belajar filsafat. Awal yang oke, berhasil bikin mupeng belajar filsafat. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts