5.11.2011

Rahasia cantik

Jika Anda sering mengikuti perkembangan kecantikan para selebriti Hollywood atau sering mengikuti program kecantikan dan kesehatan yang disiarkan oleh stasiun televisi Amerika Serikat, Anda pasti mengenal Dr. Jessica Wu. Beliau adalah ahli dermatology lulusan Harvard Medical School dan saat ini membuka praktik kecantikan di Los Angeles, California. Buku pertama karyanya FEED YOUR FACE menjadi buku kecantikan yang sangat laris.

Dan sebagai seorang ahli, tentunya sudah banyak selebriti Hollywood yang mempercayakan kecantikan wajah dan perawatan kulit mereka pada Dr. Jessica Wu. Anda yang ingin memiliki kulit yang cantik seperti para selebriti Hollywood tidak perlu iri atau hanya berandai-andai untuk memiliki kulit yang cantik seperti para selebriti Hollywood. Karena dalam artikel ini, Dr. Jessica Wu akan membagikan tips kecantikan untuk menjaga kulit Anda agar tetap sehat sekaligus memesona.

1. Pastikan Anda Menikmati Sarapan Sehat

Tidak sarapan agar langsing dan cantik? SALAH BESAR. Karena Dr. Jessica Wu justru memberikan saran agar Anda tidak melewatkan sarapan setiap hari. Sarapan dengan pilihan menu yang sehat akan menjaga kandungan gula dalam darah tetap terkontrol selama sehari penuh. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari keriput, jerawat dan kulit kusam akibat tidak mendapat jatah gizi di pagi hari. Selain itu, rutin sarapan dengan menu sehat akan menjaga berat badan Anda pada angka yang ideal.

Lalu seperti apa sarapan sehat itu? Dr. Jessica Wu memberi saran agar Anda menjauhi makanan berminyak termasuk segala jenis donat dan danish (sejenis pastry yang banyak mengandung selai manis). Beri asupan protein yang mencukupi, misalnya mengoleskan selai kacang buatan sendiri pada roti bakar atau buat omelet yang diberi potongan tomat segar. Ingin yang lebih cepat? Campur plain/greek yogurt dengan buah berries kesukaan Anda. Alternatif lain, oatmeal instant yang diberi sedikit taburan kismis atau kacang almond.

2. Boleh Makan Pizza

Oke, silahkan bergembira karena pizza menjadi junk food yang direkomendasikan Dr. Jessica Wu. Tetapi, tidak semua jenis pizza boleh Anda nikmati. Hindari pizza berminyak dengan topping tebal seperti daging cincang, daging asap ataupun sosis. Pilihan yang baik untuk kulit cantik adalah pizza dengan roti tipis yang terbuat dari tepung gandum. Untuk topping, Anda bisa memilih pizza dengan sedikit keju sebagai penambah rasa, ayam untuk asupan protein, sayuran hijau dan paprika sebagai ekstra antioksidan.

Belum pernah mencicipi pizza dengan roti gandum dan topping yang terdiri dari ayam dan sayuran hijau seperti yang disarankan Dr. Jessica Wu? Percayalah, rasanya sama enaknya dengan pizza dengan toping setumpuk daging olahan, roti tebal dan kaya keju. Bahkan pizza yang disarankan Dr. Jessica Wu jauh dari kesan 'eneg' dan lebih segar, kulit Anda juga pasti senang.

3. Hindari Dairy Product

Mandi susu memang bisa membuat kulit halus, tetapi tidak dengan mengonsumsi susunya. Untuk kulit yang halus sempurna, Anda memang harus sedikit (bahkan tidak) mengonsumsi semua dairy products (produk susu hewani dan olahannya) seperti susu cair, keju, yogurt, es krim dan olahan susu lainnya. Mengapa harus menolak mengonsumsi produk tersebut? Karena dairy product erat kaitannya dengan produksi jerawat. Jika Anda sering berurusan dengan jerawat, Anda bisa mencoba untuk menjalankan saran ini.

Sekalipun tampak aneh, tetapi penelitian terbaru memang menunjukkan bahwa susu hewani dan olahannya bisa menjadi pencetus kulit dengan ruam merah, peradangan kulit, pembengkakan kulit disertai nanah, termasuk memperparah jerawat. Sekalipun Anda memilih produk susu organik, tetapi efeknya sama saja karena kandungan protein dalam susu hewani akan mempengaruhi hormon Anda dengan meningkatkan jumlah minyak dan menyumbat pori-pori.

Jika tidak mengonsumsi susu hewani, bagaimana dengan asupan mineral? Dr. Jessica Wu menyarankan Anda untuk memperoleh asupan mineral dari produk lain. Anda bisa beralih pada susu kedelai atau susu yang terbuat dari kacang almond.

4. Makan Tomat Setiap Hari Untuk Melawan Efek Matahari

Tomat segar dan tomat mentah dapat menjadi tameng dari dalam untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Hal ini tentunya sangat menggembirakan karena Indonesia dilimpahi produk tomat segar dan mudah didapat. Untuk membuatnya menjadi pasta tomat yang bisa menjadi bahan tambahan makanan alami pada hidangan lain, akan lebih baik jika Anda buat sendiri dibandingkan membeli pasta tomat instant.

Mengapa pasta tomat menjadi bahan makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kecantikan kulit? Dalam pasta tomat, terkandung senyawa lycopene yang sangat tinggi. Senyawa tersebut adalah antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari dalam. Dengan rutin mengonsumsi tomat setiap hari, maka kulit Anda akan selalu terlindung dari bahaya sinar UV.

5. Makan Dulu Di Rumah, Baru Pesta

Sangat salah jika Anda memelihara kebiasaan untuk membuat diri lapar seharian lalu makan besar saat menghadiri sebuah pesta (karena makanannya gratis dan enak-enak). Para selebriti Hollywood memiliki kebiasaan sebaliknya, mereka selalu makan sebelum datang ke sebuah pesta. Dengan demikian, mereka akan datang ke pesta dalam kondisi kenyang dan tidak akan tergoda untuk mengambil banyak makanan yang membuat gemuk dan mencicipi makanan ringan yang kebanyakan menurunkan kadar kolagen.

Dan pssstt... ternyata para selebriti membawa sendiri snack dari rumah saat menghadiri pesta atau sebuah acara di dalam tas mereka (kebalikan dari kebiasaan kita yang membawa makanan dari sebuah acara ke rumah). Dr. Jessica Wu juga mengatakan hal yang sama, beliau paling suka camilan dari kacang walnut, kacang polong panggang, dan buah-buahan yang diolesi selai almond. Hmm... bukankah itu lezat dan bisa Anda terapkan?

No comments:

Post a Comment