Fakta menarik soal kecoa (Day 8 #30dwc)

Hai guys,  kali ini kita akan membahas hewan yang sedikit menggelikan bahkan sebahagian orang menganggap binatang satu ini adalah binatang yang paling di takuti di dunia.  Hewan satu ini memang super menyebalkan. Sering muncul tanpa diduga dan jalan-jalan di lantai seenaknya. Menebar bau busuk dan kuman penyakit yang tak terhitung banyaknya.

Namanya kecoa, hewan yang disepakati bersama sebagai hewan menjijikan. Dapur, kamar mandi, dan gudang adalah tempat favorit kemunculan kecoa. Dibasminya pun susah. Harus disemprot berkali-kali dengan obat pembasmi serangga, eh besoknya muncul yang lain lagi.

Kecoa adalah hewan yang punya daya adaptasi sangat tinggi. Mungkin karena itulah kecoa berumur panjang dan daya tahannya luar biasa. Apalagi perkembangbiakan kecoa juga tergolong cepat. Tapi sekarang ada satu pertanyaan: kalau kecoa memang sekuat itu, kira-kira apa ya kandungan pembasmi serangga?

Sebenarnya kecoa mungkin masih bisa ditolerir kalau cuma jalan di tanah atau diam saja di pojokan. Tapi segalanya jadi mengerikan saat kecoa mulai terbang-terbangan. Seremnya bisa mengalahkan kemunculan setan di film horor! Meski menyebalkan dan menjijikan, tapi kecoa termasuk hewan yang hebat lho. Selain bisa tetap hidup meski kepalanya terputus, kecoa juga dipercaya sebagai satu-satunya makhluk di bumi ini yang bisa bertahan dari serangan nuklir.
Nah, kali ini kita akan membahas seputar fakta fakta yang berhubungan dengan kecoa... So,  lets go guys

1. Kecoa merupakan hewan yang sangat tua,  diperkirakan hidup sejak zaman dinosaurus dan pasti kecoa sudah mengalami evolusi.  Ada yang beranggapan bahwa kecoa merupakan penyumbang global warming karena sering kentut dan mengeluarkan gas metana

2. Kecoa ada hampir di dunia mulai dari Greenland hingga Arab Saudi, dari hutan hujan tropis sampai gurun sahara, kecoa bisa bertahan hidup. Karena menghuni berbagai daerah di permukaan bumi yang karakternya juga macam-macam, jenis-jenis kecoa pun ada sekitar lima ribuan. Ada yang kecoa semut di Amerika Utara yang besarnya cuma beberapa milimeter saja dan ada juga Megalobblata Blaberoides. Uniknya, menurut Georgi Beccaloni, seorang kurator serangga, hanya 30 dari 5000 jenis kecoa yang mengganggu manusia.

3. Nah,  yang ini lumayan horor guys kalau cicak bisa kabur tanpa ekor, kecoa bisa hidup seminggu tanpa kepala. Walaupun mengerikan, keren juga ya…
Hal ini disebabkan karena kecoa punya sistem peredaran darah terbuka. Pada manusia, hilangnya kepala berbuntut pendarahan hebat. Sementara pada kecoa setelah kepalanya dipenggal, leher akan tertutup dengan sendirinya. Selain itu, kecoa juga tidak memerlukan kepala untuk mengontrol pernapasan dan peredaran darah seperti manusia. Kecoa bernapas melalui spirakel, yaitu pori-pori kulit. Tapi ngeri juga ya membayangkan kecoa jalan-jalan tanpa kepala

4. Daya tahan kecoa sangat luar biasa. Bahkan diprediksi kecoa bisa bertahan dari serangan nuklir yang menghancurkan dunia, seperti yang kita tahu, nuklir adalah senjata perang yang sangat diwaspadai. Sebenarnya, kecoa juga bisa mati bila terkena ledakan nuklir secara langsung. Tapi daya tahan kecoa terhadap radiasi sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan kecoa punya siklus sel yang lambat.

Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan kecoa baru mati ketika diberi radiasi nuklir sebesar100.000 rad. Padahal bom Hiroshima di Jepang dulu kekuatannya sekitar 10.000 rad. This is so amazing

5. Tak hanya dikenal sebagai pemakan segala, kecoa juga termasuk hewan berdarah dingin. Bisa tahan sebulan tanpa makanan, maksudnya kebutuhan makanan kecoa tidak sebesar manusia. Kecoa bisa bertahan hidup seminggu tanpa makanan. Jadi asalkan tidak dimakan hewan lain atau infeksi karena bakteri, kecoa bisa diam saja di pojokan rumahmu. Tetap hidup, meski tidak punya kepala. Tapi tidak dengan minum. Tanpa kepala, kecoa bisa mati karena kehausan.

6. Sebel banget kalau kejar-kejaran sama kecoa?! Jangan heran karena kecoa bisa lari 4km/jam. Kejar-kejaran dengan kecoa memang susahnya luar biasa. Ditinggal angkat sapu saja kadang kecoanya sudah menghilang. Itu karena kecoa lumayan jago lari. Dalam satu jam kecoa bisa lari sejauh 4 km. Tentunya ini mengerikan karena dalam kecoa bisa menyebarkan kuman dengan sangat cepat. Selain itu, kecoa juga tergolong hewan yang kuat. Dia bisa menahan napas hingga 40 menit dan bahkan bisa bernapas dalam air selama setengah jam. Duh, apalah manusia yang beberapa detik di air saja sudah megap-megap.

Nah,  sekarang udah pada tahukan fakta unik soal kecoa,  jadi kecoa itu bukan hanya jago menyebarkan kuman,  ngajak lomba lari, tapi ada sisi horornya yang masih bertahan hidup meski terkena bom nuklir haha

So,  be smart guys..  Gali sedalam dalamnya setiap kejadian agar tidak tidak menjadi pribadi yang merem informasi

Comments

Popular Posts