6.14.2017

Sehat dengan greek yogurt yuk! (day ke-5 #30dwc)

Yogurt dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satu ragam yogurt yang disebut-sebut sangat baik untuk kesehatan adalah greek yogurt. Greek yogurt berarti yogurt dalam bahasa Yunani. Padahal, di negara tersebut sebagian yogurtnya tidak disaring. Yogurt kental ini juga menjadi makanan pokok di banyak negara selain Yunani. Sebenarnya, Greek yogurt menjadi sebutan populer untuk yogurt saring karena merek yogurt asal Yunani, Fage, sukses memasarkannya. 
 
Greek yogurt memiliki manfaat yang lebih sehat dari yogurt yang lain. selain tekstur, nutrisi dalam greek yogurt juga berbeda. Sifat probiotik serta kandungan protein yang tinggi menjadi nilai tambah dari greek yogurt.

Greek yogurt menjadi makanan pilihan kaum vegetarian yang membutuhkan asupan nutrisi yang mencukupi. Greek yogurt dapat ditambahkan ke dalam aneka makanan serta minuman, sebagai contoh : campur greek yogurt dengan bawang putih, dill dan peterseli/seledri untuk dijadikan cocolan wortel atau sebagai pengganti selai di atas roti. Greek yogurt bisa juga dimakan dengan ditambahi buah-buahan segar misalnya mangga, papaya, stroberi.

Menurut Brand Manager Heavenly Blush, Amelia Anggreini, greek yogurt terbuat dari fermentasi susu segar menggunakan bakteri baik Streptococcus Thermopilus dan Lactobacilus Bulgaricus sehingga menghasilkan produk stirred yogurt yang sangat kental dan kaya akan protein.

Melansir Boldsky, Minggu (12/2/2017) berikut tiga manfaat sehat yang mengejutkan dari greek yogurt : 
  • Mencegah demensia
    Greek yoghurt yang kaya akan vitamin B12 berperan penting dalam meningkatkan sistem saraf dan sel-sel otak. Mengonsumsi greek yogurt juga dapat mencegah penyakit atau masalah kognitif seperti depresi dan demensia
  • Meningkatkan pertumbuhan otot  Bila dibandingkan dengan yogurt biasa, dalam 100 gram greek yogurt terdapat sembilan gram protein. Artinya greek yogurt memiliki kelebihan untuk memberikan bantuan membangun massa otot dan melawan pertumbuhan lemak. 
  •  Memperlancar pencernaan, Seperti yoghurt yang lainnya, greek yogurtjuga memiki keunggulan dalam memperlancar pencernaan. Mengonsumsi greek yogurt secara rutin dapat melindungi usus dan pencernaan dari racun serta bakteri jahat. "Yogurt biasa melalui proses penyaringan dua kali sedangkan greek yogurt mengalami 3 kali penyaringan sehingga  memiliki kadar air lebih sedikit dan konsistensi yang lebih kental," "Kandungan karbohidrat juga jauh lebih rendah dalam Greek yogurt sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang melakukan diet asupan  karbohidrat dan mencegah kejadian diabetes dan obesitas," Greek yogurt merupakan sumber kalsium dan vitamin D untuk membangun dan mempertahankan 
  • tulang yang kuat.

Kemarin siang saya sempat makan greek yoghurt dengan 3 varian langsung dan mendadak kepala saya sedikit pusing, untung aja hanya sebentar.
Jadi intinya, abis konsumsi Greek Yoghurt ini, jangan lupa imbangin ama hidup sehat. Karena walaupun rendah / tanpa lemak, bukan berarti temen-temen bisa makan yoghurt sepuasnya.

Be smart ya guys, karena yang berlebihan itu juga tidak baik

Maya, Squad 6

No comments:

Post a Comment